Minggu, 19 Oktober 2014

OPTIMALISASI PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI PENDIDIKAN


Pemanfaatan Media Komunikasi dalam Pendidikan 

Media komunikasi dalam pendidikan adalah seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik. Klasifikasi media komunikasi dalam pendidikan sangat beragam, yakni menurut sifatnya, kemampuan jangkauannya, cara atau teknik pemakaiannya, dan bentuk dan cara penyajiannya. Manfaat media komunikasi dalam pendidikan secara garis besar yaitu menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu, memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu, dan menambah gairah serta motivasi belajar siswa.
Pemanfaatan media komunikasi dalam pendidikan terus berkembang sesuai dengan perkembangan konsep belajar mengajar dan harus berdasarkan prinsip-prinsip yang sesuai dan ditujukan agar tercapainya tujuan pendidikan yaitu media digunakan dan diarahkan untuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami materi pelajaran, harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran, harus sesuai dengan materi pembelajaran, harus sesuai dengan minat, kebutuhan dan kondisi siswa, harus memerhatikan efektivitas dan efisiensi, serta harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya. Pemanfaatan media komunikasi sangat beragam sesuai dengan perkembangan konsep belajar mengajar yakni:
 1) Bahasa sebagai media pembelajaran 
2) Media sebagai alat bantu mengajar 
3) Media sebagai alat peraga 
4) Audio Visual Aid (AVA) sebagai media 
5) Media sebagai penyalur pesan 
6) Media sebagai sumber belajar 

 Dalam pemanfaatan media komunikasi dalam pendidikan terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan, yakni: 
1. Media digunakan dan diarahkan untuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami materi pelajaran. 
2. Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
3. Media yang digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran. 
4. Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan dan kondisi siswa. 
5. Media yang akan digunakan harus memerhatikan efektivitas dan efisiensi. 
6. Media yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya. 

Sumber : Wina Sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012), hlm. 105-112.... 
Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2014/10/pemanfaatan-media-komunikasi-dalam.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Email: bidikmisi@dikti.go.id
Twitter: @bidikmisi...

MENGAPA DALAM ALJABAR TIDAK ADA ISTILAH NEGATIF NOL ?


MENGAPA DALAM ALJABAR TIDAK ADA ISTILAH NEGATIF NOL (-0)?
Tahukah Kamu ?
Alasan Konkret :
Tidak bisa = -0 karena sebenarnya bernilai kosong (tidak ada nilainya), maka tidak bisa diberi min karena 0 tidak bisa berubah, berbeda dengan 1,2,3 dan seterusnya, itu bisa berubah, di dunia matematika dan perdagangan bahkan kehidupan 1+1 itu berbeda, dimatematika 1+1 = 2. Dalam dunia perdagangan 1+1 bisa jadi 4000 bahkan lebih, karena bilangan yang berbeda dengan barang, tetapi 0 dimatematika dan perdagangan bahkan kehidupan itu sama, 0 nilainya adalah 0.  
Perhatikan illustrasi singkat berikut ini :
Maka tidak bisa berubah, kalau dimisalkan jadi manusia, manusia itu bernama Doni, Doni adalah 1, Doni bisa jadi negatif dan positif tergantung lingkungan Doni, doni yang adalah 1 bisa berubah. Tetapi jika 0 adalah kosong, tidak bisa berubah. bagaimana jika Doni adalah 0? jelas Doni tidak bisa jadi bentuk negatif karena Doni 0, tidak bisa berubah lagi, tidak bisa dinalar lagi..

Itu sekedar pemikiran saya maaf kalau salah hahaha, saya mau pergi keluar rumah dulu , oh iya kalau mau pergi keluar rumah pasti ada kecepatan yang terjadi, jika kecepatan sudah diatas 0 maka akan terjadi pergerakan, di atas 0 dikatakan bergerak maju, dan jika dibawah 0 di fisika dikatakan terjadi pergerakan mundur. yaitu minus. tetapi jika 0 itu adalah tetap. Tidak maju dan tidak mundur, maka ditulis dengan 0 tidak bisa diganti menjadi -0, mungkin saya tiba-tiba kepikiran ini, iya udah saya keluar rumah dulu bahkan saya mengetik ini saya melakukan pergerakan tangan yang adalah 0 ke atas, dan pergerakan pemikiran ke belakang kesadaran saya adalah 0 ke bawah, tetapi jika 0 adalah mutlak, jika saya 0 saya tidak akan menulis sebanyak ini.
Oh iya ada sedikit tambahan lagi pembaca yang budiman :
Pada materi aljabar abstrak atau struktur aljabar ada definisi namanya "Lapangan". Lapangan yaitu gelanggang komutatif yang memiliki identitas dan setiap elemen taknolnya mempunyai unit (elemen invers). Selain itu ada teorema pada struktur aljabar tentang gelanggang (ring) yang bunyinya "Jika a adalah sebarang elemen gelanggang R maka a.0=0". Temen2 bisa cari di google tentang lapangan (field) dan ring.
Pada persamaan -y=0 maka perhatikan bahwa -y=(-1)  dan y=0 sehingga y=(0)(-1)^(-1)=0. Jadi yang memenuhi hanya y=0.
@ SEMOGA BERMANFAAT @

THE BEST SPIRIT OF A MOESLEM AQHLAQ IN ISLAM

THE BEST SPIRIT OF A MOESLEM AQHLAQ IN ISLAM
(Semangat Terbaik Akhlaq Seorang Muslim Dalam Islam)
Renungan Inspiratif Iman dan Islam Edisi Sholat Tahajud


Saat lelah sekali tetapi saat kumandang adzan terdengar tetap berjamaah di mesjid
Saat sakit sekali tetapi tetap sabar tanpa mengeluh
Saat kesusahan tetapi tetap ikhlas dg ujian-Nya
Saat godaan hebat dan peluang melakukannya ada tetapi tetap taat
Saat lingkungan tidak mendukung tetapi tetap berhijab
Saat asyik dengan hobbynya tetapi tetap berzikir kepada Allah
Saat ngantuk berat tetapi tetap bangun sholat malam
Saat sibuk tetapi tetapi tetap sholat diawal waktu
Saat rizki berlimpah tetapi tetap rendah hati
Saat dizholimi dan ada peluang untuk membalasnya tetapi tetap memaafkannya
Inilah "himmatul iimaan" semangat dan akhlak hamba beriman yg ingin sekali ridho Allah, dan yaqin sekali akan semua pembalasan di akhirat kelak. Itulah yg membuatnya kuat, tegar, semangat, Istiqomah, belas kasih, rendah hati dan mudah menangis karena Allah. Perhatikan Kalam Allah, "Barang siapa yg takut ma'siyat karena Allah, lalu ia kendalikan nafsunya karena takut pada Allah, maka baginya Syurga dg segala keni'matannya" (QS An Naaziat 40). Rasulullah mengkhabarkan berita gembira, "Barang siapa meninggalkan sesuatu keinginan ma'siyat karena takut kepada Allah maka Allah ganti dengan sesuatu yg lebih baik baginya". Allahumma ya Allah tetapkanlah hidup kami dalam ketaqwaan kepadaMu dan merasakan kelezatan Istiqomah di jalanmu...Aamiin.

MATEMATIKA AKHLAQ EDISI PAHALA DAN DOSA

MATEMATIKA AKHLAQ EDISI PAHALA DAN DOSA
TAHUKAH KAMU ???


Fakta:
-Pada dasarnya manusia sering berbuat dosa
-Padahal manusia hidupnya terhitung singkat sekitar 65-80 thn dibandingkan dengan kehidupan akhirat
-KESEMPATAN berbuat dosa lebih besar dari KESEMPATAN berbuat pahala
= 11 bulan (berbuat dosa)
= 1 bulan (berbuat pahala) <= (bulan ramadhan)
-jika diperhatikan 99% manusia (muslim) akan masuk NERAKA

Note : Tapi kita beruntung karena Allah Maha Pemurah, kita di beri kesempatan 1 bulan dalam 1 tahun untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Dimana dalam 1 bulan (bulan ramadhan) itu terdapat 1 malam (malam lailatul qadar) yang lebih baik dari 1000 bulan dalam artian pahala kita pada malam itu setara dengan berbuat pahala selama 1000 tahun. Sebaliknya jika kita tidak beruntung, naudzubillah kita tidak akan selamat dan bahagia di dunia dan akherat kelak nanti.

Diket : ~umur manusia (kita ambil paling besar) = 80 thn =960 bulan
~1 tahun = 12 bulan
~perbandingan kesempatan berbuat =
Dosa > Pahala
11 bln > 1 bulan (bulan ramadhan)
11 bln < 1 malam (malam lailatul qadar) =1000 bulan.
> = Lebih besar !! < =Lebih Kecil !!
Ditanya : Poin Kesempatan berbuat Dosa dan Pahala ?

~Rumus Dosa = Kesempatan berbuat Dosa x Umur Manusia
= 11 bulan x 80thn (960 bln)
= 10.560 (Poin kesempatan berbuat dosa)
~Rumus Pahala =Kesempatan berbuat pahala x Umur Manusia
= 1000(malam lailatul qadar) x 960 bln
= 960.000 (Poin kesempatan berbuat pahala)
"10.560< 960.000"
~Pada akhirnya kesempatan berbuat pahala lebih besar dari kesempatan berbuat dosa,tinggal bagaimana kita menjalaninya."
"Berbuatlah sesuatu dengan Ikhlas, Lillahita'allah,karena jika engkau berbuat kebaikan dengan pamrih semua itu akan sia-sia"

Berlomba-lombalah dalam kebaikan sekuat tenagamu walaupun nafas terakhirmu
hampir menjemputmu.

Nilai ikhlas dan ketulusan sejati bukan manusia yang tahu dan faham akan tetapi Allah SWT Maha Kuasa dan Maha mengetahuinya. AMIN.

@ SEMOGA BERMANFAAT @

Sabtu, 18 Oktober 2014

TAHUKAH KAMU..BAHAYA MEMBENTAK ANAK ?


TAHUKAH KAMU..BAHAYA MEMBENTAK ANAK ?
Sekali membentak memarahi anak, milyaran sel otak anak ‘rusak musnah. 

“Tahukan Anda di dalam setiap kepala seorang anak terdapat lebih dari 10 trilyun sel otak yang siap tumbuh. Satu bentakan atau makian mampu membunuh lebih dari 1 milyar sel otak saat itu juga. Satu cubitan atau pukulan mampu membunuh lebih dari 10 milyar sel otak saat itu juga. Sebaliknya 1 pujian atau pelukan akan membangun kecerdasan lebih dari 10 trilyun sel otak saat itu juga.”
Dari beberapa artikel dan penelitian disebutkan bahwa, satu bentakan merusak milyaran sel-sel otak anak kita. Hasil penelitian Lise Gliot, berkesimpulan pada anak yang masih dalam pertumbuhan otaknya yakni pada masa golden age (2-3 tahun pertama kehidupan, red), suara keras dan membentak yang keluar dari orang tua dapat menggugurkan sel otak yang sedang tumbuh. Sedangkan pada saat ibu sedang memberikan belaian lembut sambil menyusui, rangkaian otak terbentuk indah.

Penelitian Lise Gliot ini sendiri dilakukan sendiri pada anaknya dengan memasang kabel perekam otak yang dihubungkan dengan sebuah monitor komputer sehingga bisa melihat setiap perubahan yang terjadi dalam perkembangan otak anaknya. “Hasilnya luar biasa, saat menyusui terbentuk rangkaian indah, namun saat ia terkejut dan sedikit bersuara keras pada anaknya, rangkaian indah menggelembung seperti balon, lalu pecah berantakan dan terjadi perubahan warna. Ini baru teriakan,” ujarnya.
Dari hasil penelitian ini, jelas pengaruh marah terhadap anak sangat mempengaruhi perkembangan otak anak. Jika ini dilakukan secara tak terkendali, bukan tidak mungkin akan mengganggu struktur otak anak itu sendiri. “Makanya, kita harus berhati-hati dalam memarahi anaknya,” Tidak hanya itu, juga mengganggu fungsi organ penting dalam tubuh. Tak hanya otak, tapi juga hati, jantung dan lainnya.
Teriakan dan Bentakan menghasilkan gelombang suara. Ya, hampir semua orang mengetahui itu. Yang belum banyak diketahui orang banyak adalah, bentakan yang disertai emosi seperti marah menghasilkan suatu gelombang baru.
Emosi negatif seperti marah mempunyai gelombang khusus yang merupakan gelombang yang dipancarkan dari otak. Gelombang ini dapat bergabung dengan gelombang suara orang yang berteriak. Nah, gabungan gelombang suara dan gelombang emosi marah ini menghasilkan gelombang ketiga dengan efek yang khusus.

Efek dari gelombang ketiga ini adalah sifat destruktifnya terhadap sel-sel otak orang yang dituju. Dalam satu kali bentakan saja, sejumlah sel-sel otak orang yang dijadikan target akan mengalami kerusakan saat dia terkena gelombang ini, baik bila dia mendengar suaranya atau pun tidak. Hal ini karena gelombang ketiga ini tetap merambat sebagaimana dia gelombang suara tapi langsung ditangkap oleh otak sebagaimana gelombang otak.
Efek kerusakan pada sel-sel otak akan lebih besar pada anak-anak yang dijadikan sasaran bentakan ini. Pada remaja dan orang dewasa mengalami kerusakan yang tidak sebesar anak-anak, tapi tetap saja terjadi kerusakan.
Efek jangka panjangnya dapat dilihat pada orang-orang yang sering mengalami bentakan di masa lalunya. Mereka lebih banyak melamun serta termasuk lambat dalam memahami sesuatu. Orang-orang ini biasanya mudah meluapkan emosi negatif seperti marah, panik atau sedih. Mereka biasanya seringkali mengalami stress hingga depresi dalam hidup, karena kesulitan memahami pola-pola masalah yang mereka hadapi. Semuanya akibat dari sel-sel otaknya yang aktif lebih sedikit dari yang seharusnya.
Oleh karena itu, sebagai orang tua, pendidik, ataupun orang yang lebih tua dari ‘mereka’, sebaiknya memilih sikap yang lebih kreatif dalam menghadapi tingkah anak yang mungkin kurang baik. Seringkali orang tua bukan mencegah, mengarahkan, dan membimbing sebelum kesalahan terjadi. Seharusnya orang tua mempertimbangkan tingkat perkembangan kejiwaan anak, sebelum membuat aturan. Jangan menyamakan anak dengan orang dewasa. Orang tua hendaknya menyadari bahwa dunia anak jauh berbeda dengan orang dewasa. Jadi, ketika menetapkan apakah perilaku anak dinilai salah atau benar, patuh atau melanggar, jangan pernah menggunakan tolok ukur orang dewasa.

Harus diakui, orang tua yang habis kesabarannya sering membentak dengan kata-kata yang keras bila anak-anak menumpahkan susu di lantai, terlambat mandi, mengotori dinding dengan kaki, atau membanting pintu. Sikap orang tua tersebut seperti polisi menghadapi penjahat. Sebaliknya, orang tua sering lupa untuk memberikan perhatian positif ketika anak mandi tepat waktu, menghabiskan susu dan makanannya, serta memberesi mainannya. Padahal seharusnya, antara perhatian positif dengan perhatian negatif harus seimbang.
Mari yuk selalu memberi pujian tulus dan pelukan kasih sayang kepada anak-anak kita agar kelak menjadi anak yang cerdas berjiwa penuh kasih sayang

@ SEMOGA BERMANFAAT @
PESAN MULIA SANG GURU untuk MURIDKU TERCINTA Part 2

Guru sejati itu harus haus ilmu dan banyak belajar dengan siapapun. Guru yang sejati harus mengajar dengan hati yang bersih bukan sekedar otak saja, jadi IPTEK dan IMTAQ harus balance. Guru sejati juga harus belajar dari murid2nya sendiri dengan berbagai latar belakang yg berbeda-beda, jadi komunikasi dua arah. Semoga menjadi bahan renungan kita bersama untuk mencetak generasi penerus yg berakhlaq mulia dan berdedikasi tinggi. Murid2 yang berotak jerman dan berhati mekah.

Untuk mewujudkan impiannya guru sejati harus bertekad kuat memberikan pengajaran yang kreatif kepada peserta didiknya agar tercapai misi dan visi mengajar yang efektif dan efisien.

Hiduplah dan Mengajarlah setiap hari seperti “matematika” : Mengalikan sukacita, mengurangi kesedihan, menambahkan semangat, membagi kebahagiaan dan menguadratkan kasih sayang antar sesama murid di dalam kelas. Semua terintegralkan menjadi romantika yang non linear dan biimplikasi positif. Itulah seni geometri tantangan dunia pendidikan yang ekuivalen dengan pusat lingkaran kebahagiaan dan kepuasan mengajar sejati. Good luck.

Bisakah kita mulai dengan hal-hal kecil…Lihat contoh pendidikan di Firlandia. Negara peringkat nomer 1 versi PISA dalam kualitas pendidikan di dunia.

YUK MELEK MATEMATIKA. Gunakan berbagai media sarana yg mendukung, mudah, murah, simple, ramah lingkungan dan aplikatif.
By : AWK - Ciampea Bogor

@ semoga berkah dan bermanfaat @