Selasa, 23 Desember 2014

PENTINGNYA GURU AHLI DI RUANG KELAS

Menghadirkan Expert (ahli) ke Ruang Kelas

Belajar dari ibu Siska Sofita dan Dr Hery Hermas.
Pembelajaran Berbasis AhliIMG_0653IMG_0655IMG_0666Seiring dengan bergesernya pendekatan pembelajaran dewasa ini, konsep guru sebagai seorang fasilitator semakin ngetren dikalangan dunia pendidikan. FASILITATOR secara sederhana didefenisikan sebagai orang yang bertugas untuk memfasilitasi, jika kita menghubungkannya dengan peran seseorang, maka tugas kita adalah memfasilitasi kepentingan orang tersebut. Dalam dunia pendidikan, guru dituntut sebagai fasilitator artinya guru bertindak sebagai seorang yang memfasilitasi kepentingan siswa sehingga apa yang diinginkan tercapai. Dengan kata lain guru sebagai fasilitator bermakna bahwa guru juga harus berfungsi sebagai pemberi fasilitas atau melakukan fasilitasi. Guru menjadi jembatan yang baik di depan para siswanya. guru harus dapat mengajak, merangsang, dan memberikan stimulus kepada siswa agar mampu mengoptimalkan kecerdasannya dan kecakapannya secara bebas, tetapi tetap bertanggung jawab.
Bagaimana bentuk implementasinya? pertanyaan ini seringkali mengkerutkan jidat guru, karena menjadi seorang fasilitator dalam pembelajaran tidak mudah, guru harus benar-benar berani mengubah paradigma pengajaran dari lebih bersifat ‘top-down’ menjadi hubungan kemitraan. Guru dalam posisi ‘top-down’ seringkali diposisikan sebagai ‘atasan’ sedangkan siswa sebagai ‘bawahan’, adanya pola ini menggiring guru untuk otoriter, tidak pernah salah, superior, satu-satunya sumber ilmu, sarat komando dan intruksi, sementara siswa sebagai ‘bawahan’ yang harus patuh kepada intruksi guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar