Senin, 13 Januari 2014

ANEKA GAME EDUKASI SISWA REGULER BKB XPERT MTI BOGOR

         Berdasarkan pengalaman mengajar dan tinjauan analisis pustaka tentang psikologi anak maka lembaga XPERT MTI Bogor mencoba meracik dan mendesain tipe dan karakter game edukasi yang relevan dan kredibel sesuai tingkatan strata pendidikan dan perkembangan mental siswa-siswi Bimbel di Kota Hujan mulai Tahun 2013. Konsep intinya adalah Fun Learning bermain sambil belajar bukan belajar sambil bermain.
         Pemilihan jenis game juga sangat memperhatikan faktor keamanan, kualitas output, fleksibel dan murah meriah tentunya serta ramah lingkungan.  Semua game mempunyai limit waktu khusus yang berbeda-beda dan bisa menggunakan sarana tambahan yang mudah dicari dan aplikatif.
Adapun Jenis aneka game edukasi yang ditawarkan dan diterapkan selama ini sebagai berikut :
1. TTS (Test Talenta Sains) dan TTM (Test Talenta Math) Card ialah sebuah kartu bridge yang    dibelakangnya dilengkapi dengan aneka soal-soal sains (IPS, Sejarah dan IPA) dan Matematika yang berbobot dan familiar. Bentuk jawaban soal bisa singkat dan uraian terperinci.
2. Test Talenta Numerik ialah sebuah bentuk test kecepatan dan ketepatan siswa dalam membaca dan    menghafalkan susunan angka dan huruf yang didesain khusus dengan pola atau corak tertentu.  Game   ini mempunyai level khusus dengan tingkat kesukaran soal yang berbeda-beda.Biasanya game ini di  dahului dengan latihan konsentrasi menggunakan lilin secara berkelompok dalam kondisi gelap/lampu  dimatikan selama 10 menit (refleksi diri ala meditasi). Game tersebut dapat mengasah dan meningkatkan konsentrasi siswa secara bertahap dan terarah.
3. Kuis Siapakah Aku ?
    Ialah jenis game yang didesain untuk mengasah eksplorasi imajinasi berpikir dan kemampuan wawasan  ilmu pengetahuan di segala bidang dalam bentuk mencongak sebuah teka-teki bisa berupa nama tokoh,   benda/alat, hewan,tumbuhan, group artist/band, religi dan sebagainya
4. Fun Kid Multimedia Learning
    Ialah jenis game edukatif yang menggunakan sarana multimedia seperti komputer atau notebook/laptop yang didownload dari internet.  Game ini khusus ditujukan untuk playgorup/TK dan SD kelas 1-3 saja seperti mengenal huruf, angka, gambar hewan/tumbuhan, benda, bahkan sampai belajar menghitung     sederhana.
5. Math Magic Learning
    Ialah aneka game matematika multimedia learning dengan segala model operasi dasar perhitungan dasar (penjumlahan,  pengurangan, pembagian, perkalian, kuadrat dll.) dengan akurasi score dan waktu tertentu yang berhasil  dicapai. Hasil game bisa langsung dicek nilainya secara otomatis.  Disnilah adu IQ dan kecepatan menghitung soal matematika dasar anak diuji.  Mantap bukan!
6. Game Startegi Profesi
    Ialah jenis game yang memperkenalkan kualitas performa seseorang berdasarkan jenis profesinya   misalnya arsitek, desain interior, pelayan hotel, penata rias, salon. koki, pembalap, pilot, angkatan militer n lainnya. Anak sudah ikenalkan deskripsi pekerjaan seseorang sejak dini agar tertanam di otak bawah sadar mereka, agar cita-cita kelak mereka bisa terwujud.
7. Who wants To Be A Millionare
    Sebuah game yang sudah dikenal luas dan tidak asing lagi di kalangan ,masyarakat Indonesia.  Game 
    ini jelas bertujuan untuk mengasah kemampuan intelegensia ilmu pengetahuan umum setiap anak ataupun group untuk menebak dan menjawab segala pertanyaan yang sudah disiapkan oleh provider via komputer.  Game ini dituntut mencapai raihan nominal hadiah tertinggi dalam bentuk uang secara maya.
8.  Scrabble dan Puzzle
     Ialah jenis game infividu yang menyusun/merangkai kata dalam bahasa inggris dan wajib dicari arti    setiap kata yang dipilih.  Sementara Puzzle adalah menyusun potongan teka-teki gambar secara cepat   dan benar sesuai gambar aslinya.  Game ini cukup favorit di kalangan siswa SD khususnya.
9.  Game Monopoli
     Ialah jenis game individu dimainkan secara berkelompok (minimal 2 orang) yang bertujuan untuk   melatih strategi dan menajamkan jiwa bisnis seseorang sejak dini.  Game ini relatif lama tetapi sangat    seru dan menantang.  Biasa dimainkan untuk level siswa SMP dan SMA di luar jam belajar.
10. Test Ilusi Mata
     Sebuah game yang memerlukan kecermatan dan berpikir dalam melihat soal atau gambar yang disiapkan provider.  Game ini mengasah IQ dan EQ anak dan melatih otak kanan dan otak kiri siswa  hasil akhirnya luar biasa dan cukup menggoda tetapi yang jauh lebih penting adalah proses untuk berusahamenjadi lebih baik.  Terima kasih atas segala masukan dari berbagai sumber referensi dan reativitas forum tentor XPERT MTI Bogor.  Game ini bisa di share (sebarluaskan) dan dicoba oleh siapapun dan kapanpun sebagai amal shodaqoh khususnya bagi kalangan pendidik profesional dan praktisi pendidikan dimanapun anda berada.  Kesuksesan dan keberhasilan prestasi siswa di rumah dan di sekolah adalah Kepuasan hati kami yang sungguh tiada ternilai harganya. Selamat mencoba anak bangsa.  Semoga usaha bisnis kami menjadi lebih terpercaya dan berkah sepanjang hayat.
     Majulah generasiku negeri dan kami terus mengawal masa depanmu.  Semoga Allah SWT selalu melindungi, memberkati dan memudahkan segala urusan hambanya dalam mencerdaskan anak bangsa.  Amin.

Salam Prestasi


Ir. Agrend Wisnu Kusuma
Owner/GM XPERT Multitalenta Indonesia Bogor   







Tidak ada komentar:

Posting Komentar