Seru, Menantang, dan Menyenangkan melalui “Mathematics Jungle”
MATHEMATHICS JUNGLE GAME
Manfaat
Manfaat dari menerapkan game ini adalah:
- Meningkatkan motivasi dan antuasias siswa dalam belajar matematika
- Mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih menarik, menantang dan menyenangkan karena dilakukan diluar ruangan kelas
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika
- Meningkatkan kepercayaan diri dan mental anak dalam belajar matematika.
- Dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa dan keinginan menyelesaikan permainan (menuntaskan semua soal yang ada)
Persiapan Guru
Beberapa persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengimplementasikan game ini adalah sebagai berikut:
- Membuat media kartu soal (kaso) dengan ukuran kurang lebih 10 cm x 20 cm (ukuran relatif agak besar agar nampak jelas bagi siswa ketika di gantung/ditempelkan di pohon sekitar lingkungan sekolah). Jumlah kartu soal yang dibuat disesuaikan kebutuhan pembelajaran dan sesuai alokasi waktu yang ditentukan.
- Membuat kartu jawaban soal sesuai jumlah soal yang dibuat dengan ukuran kurang lebih 6 cm x 25 cm (ukuran kertas F4 atau A4 yang di bagi 4) untuk tempat siswa menulis nama ketika mereka menemukan jawaban soal yang telah dikerjakan.
- Upayakan jangan membuat kartu soal dengan jawaban sama, karena di dalam kartu jawaban tidak terdapat kode/identitas kartu soal.
Cara Bermain/Skenario pembelajaran
- Guru mengarahkan siswa ke tempat pelaksanaan game (upayakan memilih tempat yang rindang dan banyak pohon agar jumlah kartu soal yang dibuat dapat semua ditempelkan atau digantungkan di batang pohon tempat bermain.
- Arahkan siswa untuk menyediakan alat tulis dan buku/kertas tempat mencakar serta clip chart (papan pengalas ujian) agar mempermudah siswa melakukan proses permainan.
- Guru menjelaskan aturan permainan “Mathematics Jungle games” sebagai berikut: (1) Setiap
siswa dapat mengerjakan kartu soal yang telah ditempelkan dipohon-pohon
sesuai keinginannya dan dikerjakan secara mandiri; (2) Siswa
yang telah menyelesaikan satu soal atau lebih langsung dapat
membandingkan jawabannya pada kartu jawaban yang tersedia, apabila
jawaban yang diperoleh siswa dinyatakan benar dan ada hasilnya pada
kartu jawaban, siswa dapat menuliskan namanya pada kartu jawaban
tersebut; (3) Siswa yang dapat menyelesaikan semua soal sesuai alokasi waktu yang ditentukan, dinyatakan tuntas; (4) Siswa
yang tuntas menyelesaikan soal dan namanya telah tercatat pada semua
kartu jawaban akan dipilih 5 orang tercepat untuk dinyatakan sebagai
juara.
- Setelah permainan
dinyatakan selesai, guru akan mengumpulkan semua lembar kartu jawaban
yang telah berisi nama-nama siswa. Kemudian, menghitung jumlah soal yang
dapat diselesaikan oleh setiap individu siswa sesuai jumlah nama yang
tertera pada kartu jawaban. Hasil perhitungan tersebut dapat digunakan
sebagai catatan hasil evaluasi pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar